Benarkah Posisi Tempat Duduk Dapat Menentukan Prestasi Siswa ?


Sainsmore – Salah satu fenomena yang sering terjadi di kalangan pelajar adalah perebutan kursi tempat duduk. Saya masih ingat ketika SD dulu, ketika tahun ajaran baru, pasti saya dan teman-teman yang lain akan bersaing untuk mendapatkan kursi di bagian terdepan. Hal ini karena sudah menjadi kepercayaan dalam masyarakat bahwa siswa yang duduk di bagian terdepan biasanya akan memiliki prestasi yang bagus.

Kemudian ketika beranjak SMP dan SMA, saya sering memilih duduk di barisan tengah. Saya sering perhatikan bahwa rata-rata teman saya yang duduk di bagian depan memiliki prestasi yang lebih bagus dibandingkan dengan teman yang duduk di bagian belakang. Hal ini juga berlaku di bangku perkuliahan.

Disitu timbul pertanyaan dalam benak saya. Benarkah posisi duduk dapat mempengaruhi prestasi kita? Apakah hal ini dapat dijelaskan secara sains? Nah, pada kesempatan ini saya akan memberikan penjelasannya.

Hasil Penelitian

Sebenarnya pertanyaan ini juga membuat beberapa peneliti penasaran. Sehingga akhirnya banyak peneliti yang melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan ini.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Muh Mansyur Thalib dari Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah. Pada tahun 2013, ia melakukan penelitian terhadap 60 mahasiswa semester III Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah.

Hasilnya ternyata rata-rata skor hasil belajar mahasiswa yang duduk di bagian depan lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang duduk di bagian belakang. Hal ini membuktikan bahwa prestasi belajar mahasiswa yang duduk di bagian depan lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang duduk di bagian belakang.

Penelitian lainnya di lakukan oleh Moses Waithanji Ngware, dkk dari Education Research Program, African Population and Health Research Center, Nairobi, Kenya. Pada tahun 2013, mereka melakukan penelitian kepada sebanyak 1907 siswa kelas 6 SD di Kenya mulai dari sekolah unggulan hingga sekolah dengan peringkat rendah. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap simulasi.

Ternyata, hasil penelitian itu juga menunjukkan bahwa siswa yang duduk di bagian depan memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang duduk di bagian belakang. Lebih lanjut, Moses juga menjelaskan bahwa salah satu kemungkinan penyebabnya adalah karena siswa yang duduk di bagian depan cenderung lebih banyak berinteraksi dengan guru dibandingkan dengan mereka yang duduk di bagian belakang.

Sementara itu, menurut Chris Halaka dari Western New England University mengatakan bahwa sampai sekarang, masih sulit untuk mengtakan bahwa posisi tempat duduk adalah faktor penyebab prestasi siswa. Tapi ia membenarkan bahwa duduk di barisan depan berpengaruh pada hubungan antara siswa dan guru. Hal inilah yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Kesimpulan
Berdasarkan penelitian di atas, dapat kita simpulkan bahwa sampai sekarang belum ada bukti yang pasti bahwa posisi duduk adalah faktor penyebab tinggi rendahnya prestasi siswa. Melainkan yang menjadi penyebab prestasi siswa adalah hubungan atau interaksi antara guru dan siswa. Baik siswa itu duduk di bagian depan ataupun di bagian belakang, selama siswa itu rajin berinteraksi seperti bertanya atau mendengarkan penjelasan dari gurunya, maka siswa itu akan mudah memahami materi yang diajarkan. Hal inilah yang akan mempengaruhi prestasi belajar siswa.


Sumber : Saintif.com, 19/07/2017

1 Response to "Benarkah Posisi Tempat Duduk Dapat Menentukan Prestasi Siswa ?"